Categories

SIA

Ssosiologi memiliki pemikiran untuk meningkatkan manajemen sistem informasi akademik, tahun 2002 telah  membangun program Sistem Administrasi Akademik Sosiologi, yang diuji cobakan untuk memfasilitasi pengisian KRS bagi mahasiswa, untuk mengekspose judul-judul buku dan hasil penelitian dan pengabdian dosen Sosiologi yang dapat dilakukan pada jumlah belasan komputer PC yang berada di ruang Laboratorium komputer semi-que sosiologi. Setidaknya untuk membenahi cara sebelumnya dalam pengisian KRS bagi mahasiswa yang selalu menggunakan kertas berbentuk Form KRS berwarna biru, dan harus menuliskan mata kuliah yang diambil pada form KRS tersebut, yang hanya dapat dilakukan di kantor FISIP atau Sosiologi. Saat itu, ada pemikiran agar sistem tersebut dapat diakses dimanapun melalui internet, serta terhubungkan dengan koneksi ke perpustakaan fakultas, bahkan universitas.

Adanya sinergi dengan pimpinan Fakultas dan Universitas, akan pentingnya sumbangan pemikiran pentingnya sosiologi menampilkan Sistem Administrasi Akademik (SIA) yang terintegrasi, yang dapat diakses secara on-line. Baru sejak tahun 2005 berkembanglah Sistem Administrasi Akademik (SIAKAD) yang telah diintegrasikan dengan jurusan Ilmu Administrasi Negara, jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan Sosiologi dan perpustakaan pada Sistem Administrasi Akademik di tingkat fakultas, serta universitas yang terintegrasi, yang dapat diakses secara on-line. Sejak saat itu, mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS secara on-line, yang dapat dicetak hasilnya, sehingga tinggal menemui, berkonsultasi, serta memintakan tandatangan ke pembimbing akademik.

Sudah saatnya sosiologi segera merubah cara konvensional dalam pengusulan judul dan persetujuan judul skripsi dan lain-lain, melalui upaya perbaikan sistem pelayanan akademik dengan cara yang sama.